7 cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian

148 View
cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian
cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian – Touchscreen pada perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet telah menjadi fitur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, tidak jarang kita mengalami masalah dengan touchscreen yang tidak berfungsi sebagian. Ketika layar sentuh tidak merespons dengan baik atau hanya sebagian area layar yang berfungsi, hal ini dapat sangat mengganggu penggunaan perangkat tersebut. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian.

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian

1. Bersihkan Layar Sentuh

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan layar sentuh perangkat Anda. Kotoran, debu, atau minyak dari jari Anda dapat menyebabkan masalah pada responsivitas layar sentuh. Gunakan kain mikrofiber yang bersih dan lembut untuk membersihkan permukaan layar secara perlahan. Pastikan Anda membersihkan semua area layar, termasuk tepi dan sudutnya. Setelah membersihkan, coba gunakan touchscreen kembali dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

2. Hapus Pelindung Layar atau Casing yang Tidak Kompatibel

Jika Anda menggunakan pelindung layar atau casing pada perangkat Anda, pastikan bahwa aksesoris tersebut kompatibel dengan touchscreen. Kadang-kadang, pelindung layar yang buruk atau casing yang tidak sesuai dapat mengganggu responsivitas touchscreen. Cobalah untuk menghapus pelindung layar atau casing yang Anda gunakan dan periksa apakah masalahnya masih ada. Jika touchscreen berfungsi dengan baik setelah melepas aksesoris tersebut, pertimbangkan untuk mengganti dengan yang kompatibel.

3. Restart Perangkat

Restart atau reboot perangkat Anda dapat membantu mengatasi berbagai masalah, termasuk masalah pada touchscreen. Matikan perangkat Anda sepenuhnya, kemudian nyalakan kembali setelah beberapa detik. Setelah perangkat menyala kembali, coba gunakan touchscreen dan lihat apakah masalahnya telah teratasi. Kadang-kadang, masalah sementara pada perangkat dapat diatasi dengan melakukan restart sederhana ini.

4. Perbarui Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang usang atau tidak kompatibel juga dapat menyebabkan masalah pada touchscreen. Pastikan Anda menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru yang tersedia untuk perangkat Anda. Pergi ke pengaturan perangkat Anda dan periksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia. Jika ada, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut. Pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug atau masalah yang mungkin mempengaruhi responsivitas touchscreen.

5. Kalibrasi Ulang Layar Sentuh

Jika touchscreen masih tidak berfungsi sebagian setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba mengkalibrasi ulang layar sentuh. Perangkat Anda mungkin memiliki opsi untuk mengkalibrasi ulang touchscreen melalui pengaturan sistem. Buka pengaturan perangkat Anda dan cari opsi “Touchscreen” atau “Layar Sentuh”. Di sana, Anda mungkin akan menemukan opsi untuk mengkalibrasi ulang layar sentuh. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengikuti proses kalibrasi.

Proses kalibrasi ulang akan menginstruksikan perangkat Anda untuk mengenali ulang area layar yang merespons sentuhan. Ini dapat membantu mengatasi masalah ketika hanya sebagian area layar yang tidak berfungsi. Setelah selesai mengkalibrasi ulang, coba gunakan touchscreen dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Lihat Juga:

6. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang diinstal pada perangkat Anda mungkin juga menjadi penyebab touchscreen yang tidak berfungsi sebagian. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan perangkat Anda atau memiliki konflik dengan sistem operasi. Cobalah untuk memeriksa apakah masalah touchscreen muncul setelah Anda menginstal atau mengupdate aplikasi tertentu.

Untuk menguji apakah aplikasi tertentu menyebabkan masalah, Anda dapat mencoba mematikan atau menghapus aplikasi tersebut sementara. Jika touchscreen berfungsi dengan baik setelah itu, maka kemungkinan aplikasi tersebut menjadi penyebab masalah. Anda dapat menghapus aplikasi tersebut secara permanen atau mencari pembaruan yang dapat memperbaiki masalah tersebut.

7. Periksa Kerusakan Fisik

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah touchscreen yang tidak berfungsi sebagian, ada kemungkinan bahwa perangkat Anda mengalami kerusakan fisik. Mungkin ada komponen dalam touchscreen yang rusak atau koneksi yang tidak baik. Dalam kasus ini, disarankan untuk membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi atau toko elektronik yang kompeten untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian dapat menjadi tantangan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk memperbaiki masalah tersebut. Penting untuk diingat bahwa setiap perangkat mungkin memiliki perbedaan dalam opsi pengaturan dan langkah-langkah yang diperlukan, jadi pastikan Anda merujuk pada panduan pengguna atau menghubungi produsen jika Anda menghadapi kesulitan.

Sekarang, Anda memiliki beberapa cara untuk mengatasi masalah touchscreen yang tidak berfungsi sebagian pada perangkat Anda. Cobalah langkah-langkah tersebut satu per satu dan lihat mana yang berhasil untuk Anda. Dalam banyak kasus, masalah touchscreen yang tidak berfungsi sebagian dapat diatasi dengan perawatan sederhana dan tanpa perlu perbaikan yang rumit.

 

Check out other designs directly from your cellphone via WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaASACYFXUuYULZWe939.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *